Pengertian Manajemen Keuangan Secara Lengkap

          Pembahasan dan Pengertian Manajemen Keuangan Secara Lengkap. Ilmu dalam bidang manajemen itu terbagi akan banyak hal, salah satunya yaitu manajemen keuangan yang sering kali dikaitkan dengan masalah uang atau dana dan modal. Sedangkan pengertian manajemen keuangan merupakan semua yang beraktifitas di dalam sebuah organisasi atau perusahaan, dalam rangka pengalokasian dan penggunaan dana sebuah perusahaan dengan secara efisien.


Dalam perkembangannya muncullah berbagai pengertian manajemen keuangan, yang mulai berkembang dari masa - kemasa. Perkembangan pengertian manajemen keuangan tersebut yang hanya bersifat hanya memperoleh dana saja, hingga mengutamakan berbagai aktivitas menggunakan dana dan memperoleh yang bisa juga di kelola terhadap aktiva. Seorang yang bernama George R. Terry menuturkan bahwa ada empat aktivitas manajemen yang sering banget dikenal  dengan singkatan POAC yang merupakan kepanjangan dari Planning, Organizing, Actuating, Controlling.


Para Pakar Menuturkan Tentang Pengertian Manajemen Keuangan 
- Suad Husnan
   Pengertian dari manajemen keuangan yaitu manajemen keuangan terhadap fungsi keuangan
 - Bambang Riyanto
    Pengertian dari manajemen keuangan yaitu seluruh aktivitas yang dikerjakan perusahaan, serta       berhubungan dengan mendapatkan sebuah modal yang dibutuhkan dengan biaya minimal dengan syarat - syarat yang sangat menguntungkan dan dilakukan dengan usaha dalam penggunaan modal tersebut se efektif dan se efisien mungkin.   
  - James Van Horne
    Seluruh aktivitas atau kegiatan yang sangat berhubungan dengan pendanaan, perolehan disertai cara  pengelolaan aktiva (aset) dengan tujuan yang menyeluruh.
 - Liefman
    Dengan upaya atau usaha dalam menyiapkan uang atau dana dan menggunakan dana atau uang tersebut demi memperoleh atau mendapat aktiva (aset).
 - Grestenberg
    Bagaimana mereka memperoleh dana, Bagaimana bisnis diatur untuk memperoleh dana, bagaimana mereka menggunakannya dan bagaimana bisnis didistribusikan.

Secara keseluruhan kalau kita artikan maka Manajemen Keuangan yaitu suatu proses dalam beraktivitas kegiatan keuangan dalam perusahaan, yang sangat berhubungan dengan cara memperoleh modal dan juga harus tepat dalam penggunaannya. Di dalam penggunaannya pun juga harus sangat efektif, koefisien, tepat sasaran agar berbagai tujuan dalam hal keuangan sebuah perusahaan, badan usaha, organisasi tersebut bisa terwujud dengan lancar dan seksama.


Fungsi Manajemen Keuangan

    Keputusan Investasi (Investment Decision)
    Dalam hal ini jikalau investasi yaitu sebuah penanaman modal yang dilakukan oleh perusahaan, yang dipakai investasi untuk aset riil atau finansial. Dalam hal ini sangat penting untuk memberi keputusan investasi yang sangat berpengaruh terhadap rentabilitas investasi atau return on investment sampai aliran dana sampai mendatang. Keputusan aktiva yaitu keputusan yang berhubungan dengan aktiva pada perusahaan.
    Fungsi Pendanaan (Financing Decision)
    Keputusan pendanaan merupakan sebuah hal yang mempelajari dari mana sumber dana yang kira - kira berada di sisi pasiva. Maka dari itu harus perlu diteliti dulu, mana biaya yang paling sedikit dan syarat yang sangat menguntungkan. Untuk yang biasanya dalam mendapatkan sebuah dana biasanya bisa didapatkan dari sumber intern dan ekstern perusahaan.
    Keputusan Deviden (Deviden Decision)
    Di dalam hal ini biasanya akan melingkupi sebuah keputusan tertentu, seperti :
       - Biasanya akan dibagikan sebuah besaran presentasi laba kepada para investor atau pemegang saham  biasanya dalam bentuk cash
       - Level stabilitas deviden yang akan dibagikan oleh management
       -  stock deviden
       - stock split (pemecahan nilai saham)
       -  Buyback saham atau menarik saham yang selama ini beredar
      

Sebagai catatan tambahan mengenai manajemen keuangan secara menyeluruh, simak ya sebagai berikut :

    Perencanaan terhadap keuangan
    Mengelola sebuah wacana rencana tentang pemasukan dan pengeluaran sampai pada aktivitas - aktivitas lainnya dalam periode tertentu.
    Mengerjakan Penganggaran Keuangan
    Berurutan dalam hal perencanaan keuangan tadi dengan membuat lebih mendetail dalam hal pemasukan dan pengeluaran.
    Tata Kelola Keuangan Perusahaan
    Biasanya di bagian ini sebuah perusahaan akan menggunakan semaksimal mungkin dan seluruh dananya untuk berbagai hal.
    Pencarian Dana Perusahaan
    Berusaha mencari sumber dana untuk menjalankan operasional perusahaan
    Menyimpan Keuangan Perusahaan
    Jikalau keuangan atau dana sudah terkumpul maka akan disimpan dan diamankan uang tersebut.
    Mengendalikan Keuangan Perusahaan
    Dalam hal ini biasanya akan diadakan yang namanya evaluasi terhadap penyimpangan
    Memeriksa Keuangan Perusahaan
    Biasanya akan terjadi pemeriksaan secara menyeluruh atau audit agar terhindar dari berbagai penyimpangan
    Melakukan Laporan Keuangan Perusahaan
    Hanya menyediakan sebuah wadah informasi tentang kondisi keuangan tersebut serta adanya bahan evaluasi.

 Manajer keuangan kalau kita hubungkan dengan tujuan ini maka fungsinya yaitu :

    - Mengawasi terhadap adanya biaya
    - Mematok kebijakan harga
    - Memprediksi kebijakan laba yang akan datang
    - Menghitung biaya modal kerja


Konsep Manajemen Keuangan

   Manajemen keuangan merupakan manajemen yang harus berjalan dengan baik menurut fungsinya, agar semua bisa berjalan dengan baik dan benar. Agar keseimbangan fungsi manajemen keuangan berjalan dengan baik, maka harus berkesinambungan agar penempatan dan penataan berjalan dengan baik, mengingat semua fungsi ini sangat erat kaitannya.

Pembahasan di atas itu terdapat 3 hal utama dalam kegiatan manajemen keuangan :

    Mendapatkan Dana
    Yaitu dalam aktivitas ini sangat erat kaitannya dalam mencari sumber keuangan yang memang biasanya asalnya dari pembiayaan eksternal maupun internal badan usaha atau perusahaan
    Penerapan Dana
    Merupakan suatu aktivitas yang erat kaitannya dalam berbagai hal penginvestasian aktiva atau aset
    Pengurusan Dana
    Yaitu di saat suatu aktivitas dalam mendapatkan dana dan menerapkan dana tersebut dengan menginvestasikan ke aset atau aktiva, maka dalam hal mengurus dana tersebut harus bisa seefektif dan juga seefesien mungkin.

Dengan pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa manajemen keuangan yaitu seluruh aktivitas yang berkaitan dengan mendapatkan, penerapan, dan pengurusan aktiva yang menyeluruh tujuannya agar tercapai.


Tujuan Manajemen Keuangan

  Dari tujuan manajemen keuangan yaitu untuk memberi nilai lebih pada suatu perusahaan atau memaksimalkan nilai sebuah perusahaan. Manajemen keuangan itu sangat penting sekali karena fungsinya sangat vital, yaitu mendorong terhadap perputaran uang agar bisa terhindar dari hal - hal yang tidak diinginkan. Perusahaan yang bisa mensejahterakan atau memaksimalkan nilai lebih itulah kunci dari tujuannya.


Prinsip Manajemen Keuangan

  Perlu di ingat bahwa manajemen keuangan itu bukan sekedar catatan akuntansi.  melainkan manajemen keuangan merupakan bagian yang akan sangat penting dan sangat tidak bisa kalau dianggap kegiatan sendiri. yang merupakan bagian dari pekerjaan orang - orang keuangan.

Manajemen itu sangat vital sekali dalam praktenya karena akan bisa menyehatkan keuangan sebuah badan usaha, organisasi, maupun perusahaan. Ya beginilah beberapa hal prinsip - prinsip yang harus diterapkna dalam manajemen keuangan sebagai berikut.

  -  Konsistensi
  -  Akuntabilitas
  -  Transparansi
  -  Kelangsungan Hidup
  -  Integritas
  -  Standart Akuntansi
  -  Pengelolaan

Nah itu dia  Pengertian Manajemen Keuangan Secara Lengkap yang telah kami sajikan dan kami ucapkan terima kasih telah mampir di website ini.

Berkomentarlah Dengan :
- Tidak Berisi Unsur Sara, Pornografi, dan Tidak Melanggar Hukum
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan dan Spam
- Komentar Yang Melanggar Dapat Kami Hapus/Delete