Anatomi dan Fungsi Jantung Manusia

 Cara Kerja dan Fungsi Jantung Manusia. Pasti didalam tubuh ada organ tubuh yang dinamakan jantung, nah timbul pertanyaan apa sih peranan, fungsi, kinerjanya jantung tersebut. Oleh sebab itu sobat Refrensian kali ini mau membahasnya diblog ini.
Ilustrasi jantung

Sebelum memasuki area pembahasan tentang fungsi jantung, kita bahas dulu atau kenalan dulu sama yang dinamakan jantung. Jantung atau disebut nama latinnya Cor (awas itu bukan ngecor loch) merupakan sebuah rongga organ yang berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang.

  Atau disebut kardiak dari bahasa yunani  cardia untuk jantung. disebut juga mempunyai hubungan erat dengan jantung. Peranan Jantung itu berperan penting dalam sistem peredaran darah manusia. Berarti kalo gak ada jantung ya mati cuy.

Jantung itu letaknya didalam rongga dada, biasanya ukurannya itu segenggam orang yang punya jantung. Beratnya kira-kira 300 gram. Susunan terdiri dari otot jantung (miokardium), bagian luarnya terlapisi selaput jantung (perikardium).

Perikardium itu juga terdiri dari 2 lapisan yaitu lamina panistalis(lapisan luar) dan lamina viseralis (lapisan yang menempel pada dinding jantung). ditengahnya ada sebuah ruangan untuk menampung sebuah cairan perikardii sedang tempat penyimpanannya disebut kavum perikardii.

Dalam jantung juga ada bagian - bagianya loh yaitu ventrikel sinister (bilik kiri), sinister (serambi kiri), atrium dexter (serambi kanan), dan ventrikel dexter (bilik kanan). Antarsisi kiri dan kanan jantung dipisahkan oleh septum (sekat) yang berupa otot yang padat.

 Sekarang kita akan memasuki yang namanya Atrium merupakan tempat masuknya darah dari pembuluh balik vena.didalam atrium kiri dan ventrikel kiri ada yang namanya katup valvula bikuspidalis (katup berdaun dua). katup tersebut mempunyai fungsi yaitu mencegah darah dalam ventrikel kiri agar tidak mengalir kembali ke atrium kiri saat jantung berkontraksi.

otot atrium itu lebih tipis dari otot ventrikel, karena fungsi ventrikel itu untuk memompa darah keluar jantung.
Antara atrium kanan dengan ventrikel kanan terdapat katup valvula trikuspidalis (katup berdaun tiga). Katup ini berfungsi mencegah darah dalam ventrikel kanan agar tidak mengalir kembali ke atrium saat jantung berkontraksi.


 setiap harinya jantung itu memompa lebih kurangnya ratusan ribu kali sehari-hari dan telah memompa lebih dari puluhan ribu mil darah melalui pembuluh darah yang  amat kecil.

Nah  itulah dia fungsi jantung dan anatomi jantung, Sungguh unik bukan ciptaan Tuhan yang maha esa ini untul kita syukuri dan kita jaga sebaik-baiknya.

Terima Kasih telah membaca artikrl di Refrensian ini.

Berkomentarlah Dengan :
- Tidak Berisi Unsur Sara, Pornografi, dan Tidak Melanggar Hukum
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan dan Spam
- Komentar Yang Melanggar Dapat Kami Hapus/Delete